Thursday, August 18, 2016

Off-page SEO : Membangun Link dan Popularitas Website

Off-page SEO adalah usaha-usaha optimasi mesin pencari dari luar website.
Mengoptimasi dari dalam website, atau on-page SEO saja seringkali tidak cukup untuk mendapatkan peringkat yang tinggi dihasil pencarian. Terutama untuk website baru yang belum punya audience, kecuali jika persaingan kata kuncinya cukup rendah.

Mengapa Backlink Sangat Penting

Untuk memahami off-page SEO, saya akan menjelaskan sedikit mengenai hubungan antara search engine dan link.
Mesin pencari seperti Google memiliki sebuah bot yang bertugas untuk melakukan crawling diinternet. Crawler mlik Google namanya Googlebot.
Googlebot bergerak dari website ke website melaui link yang tercantum disetiap halaman website. Dari data yang dikumpulkan oleh Googlebot, disusunlah index dan urutan peringkat website.
Karena Googlebot menggunakan link sebagai navigasinya, website yang memiliki link dari luar akan mendapat prioritas yang tinggi . semakin banyak dan semakin tinggi kualitas linknya, maka semakin baik pula peringkat website tersebut. Inilah mengapa link dari website lain (backlink) memegang peranan penting dalam SEO.

Hubungan Antara Konten dan Backlink

Konten = on-page, backlink = off-page. Apa ada hubungan antara konten dan backlink?
Sangat ada. Kalau website anda memang memiliki value (nilai) dan value ini terlihat oleh orang lain, maka mereka akan dengan senang hati memberikan link kepada anda. inilah esensi dari link building.
Untuk memiliki value, maka anda harus mempunyai konten yang berkualitas. Untuk memperhatikan value ini kepada orang lain anda harus melakukan pemasaran konten. Jadi, content marketing adalah ‘sumber’ backlink utama bagi anda.

Sosial Media dan Off-page SEO

Efek sosial media terhadap SEO merupakan perdebatan yang belum ada akhirnya.
Sebagian orang berpengaruh, sebagian lagi hanya Google+ yang berpengaruh, sisanya bilang sama sekali tidak berpengaruh.
Jadi sebenarnya pentingkah sosial media marketing? Penting.
Meskipun tidak ada hubungannya dengan SEO. Sosial media adalah satu cara terbaik untuk memperkenalkan website anda kepada orang banyak.
Seperti yang dibahas tadi, selain memiliki konten yang berkualitas anda juga harus memperhatikan konten ini kepada orang lain. Maka dari itu sosial media merupakan tempat yang tepat untuk ini.
Ketika orang lain melihat konten anda, dan tertarik mereka bisa jadi akan kembali merekomendasikan website anda kepada orang lain dengan share, like dan sebagainya.
Inilah mengapa anda harus aktif disosial media untuk memasarkan website anda.

Faktor Ranking Off-page SEO.

Off-page SEO adalah permainan popularitas website. Dalam menentukan popularitas suat website, Google menggunakan berbagai faktor.
Kita sudah tahu bahwa backlink adalah faktor yang utama dalam off-page SEO. Tapi tidak sembarang backlink memberikan dampak positif.
Berikut ini merupakan faktor penentu ranking dari luar website.

1.       Kualitas Backlink
2.       Anchor Text Dalam Backlink
3.       Jumlah Backlink
4.        Keragaman Backlink
5.       Reputasi Sosial
6.       Aktivitas Sosial
7.       Faktor Personal Pengguna



No comments:

Post a Comment